Sehat Bersama SehatQ.com, Inilah 4 Jenis Obat untuk Bayi yang Seharusnya Ada di Kotak Obat Anda

obat p3k

Bayi memang butuh perhatian ekstra. Tidak hanya diberikan kasih sayang dan segala macam perhatian, Anda juga perlu mempersiapkan obat-obatan khusus untuk bayi. Hal ini penting agar Anda sebagai orang tua bisa memberikan pertolongan pertama kepada buah hati Anda ketika sakit. Meskipun sudah ada layanan kesehatan digital seperti SehatQ.com yang siap 24 jam, akan lebih baik jika Anda juga bersiap dengan persediaan obat-obatan tersebut.

Persediaan Obat untuk Bayi

Nah, apa saja obat-obatan yang harus ada di rumah ketika Anda memiliki bayi? Berikut ini ada 4 jenis obat-obatan yang sebaiknya ada di kotak obat Anda. 

  • Asetaminofen

Yang pertama, ada obat asetaminofen. Obat apa ini? Asetaminofen merupakan obat cair yang berguna untuk menurunkan demam, mengurangi nyeri karena tumbuh si kecil tumbuh gigi, dan bisa juga untuk mengurangi rasa nyeri karena bayi Anda baru saja disuntik. Obat ini akan sangat berguna jika bayi Anda masih harus menjalani serangkaian imunisasi ataupun sedang dalam masa tumbuh gigi.

Asetaminofen bisa dimiliki tanpa harus mendapatkan resep atau instruksi dari dokter dan bisa digunakan untuk bayi berusia mulai dari 2 bulan. Sebelum digunakan, Anda sebaiknya membaca label kemasannya terlebih dahulu untuk mengetahui dosis atau takaran yang sesuai.

  • Nasal Spray

Yang kedua, Anda disarankan untuk menyediakan nasal spray atau obat semprot hidung. Tahukah Anda, bayi lebih sering mengalami pilek atau hidung tersumbat di enam bulan pertama kehidupannya. Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua disarankan menggunakan nasal spray khusus bayi. Nasal spray khusus ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah digunakan untuk bayi.

Anda bisa mendapatkan nasal spray khusus bayi ini di toko-toko obat atau bisa juga membelinya secara online melalui platform terpercaya seperti SehatQ.com.

  • Obat Batuk untuk Bayi

Yang ketiga, sediakan obat batuk untuk bayi di kotak obat Anda. Batuk menjadi salah satu penyakit yang umum diderita. Meskipun bisa sembuh sendiri, Anda tentu merasa kasihan dengan si kecil yang terbatuk-batuk terus. Untuk meringankan batuk si kecil, berikan obat batuk ini. 

Namun ingat, obat batuk untuk bayi hanya bisa diberikan untuk bayi-bayi mulai usia 4 bulan. Jika bayi Anda belum mencapai usia 4 bulan, jangan berikan obat kepadanya. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

  • Krim Ruam Kulit

Yang keempat, Anda juga perlu menyediakan krim ruam kulit akibat popok. Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Terlalu lama memakai popok bisa menimbulkan ruam pada kulit bayi. Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir karena ruam kulit ini bisa diatasi dengan menggunakan krim untuk ruam.

Itulah 4 jenis obat-obatan yang seharusnya ada di kotak obat Anda. Selama Anda memiliki bayi, lengkapi direktori obat Anda agar bisa segera memberikan pertolongan pertama ketika si kecil sakit. Tidak hanya obat, Anda juga perlu perlengkapan kesehatan lainnya, seperti termometer, kasa, alcohol swabs, perban, plester, hingga cairan antiseptik.

Aplikasi SehatQ.com

Jika Anda sudah memberikan obat namun buah hati Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik dan si kecil mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Untuk konsultasi dengan dokter, Anda tidak harus pergi ke klinik atau rumah sakit. Cukup di rumah saja, Anda bisa konsultasi dengan dokter bermodalkan smartphone dan aplikasi SehatQ.com.

Tidak hanya bisa konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa membeli obat secara online di aplikasi ini. Pesan secara online dan obat Anda akan diantarkan sampai di rumah. Direktori obat Anda pun akan lengkap dan bisa digunakan sebagai pertolongan pertama ketika si kecil sakit. 

Tags: