Cara Meredakan Nyeri Otot yang Praktis dan Aman

nyeri otot
Pegal linu yang menyerang seseorang memang seringkali membuat tidak nyaman dan menjengkelkan. Karena menjadi sulit beraktivitas dengan bebas, sedikit-sedikit pasti harus memijat bagian tubuh karena terasa sakit. Nah, berikut ini adalah cara meredakan nyeri otot yang mudah dan murah.

Apa Penyebab Nyeri Otot

Sebelum membahas mengenai cara yang tepat untuk meredakan nyeri otot, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Kondisi ini biasanya umum terjadi dan bisa dialami oleh semua orang, baik itu anak kecil hingga orang dewasa.

Ada beberapa gejala yang mungkin dialami oleh seseorang, yakni rasa tidak nyaman pada otot sehingga terkadang menyebabkan nyeri dan tegang. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengetahui penyebabnya berikut ini.

  • Terjadi infeksi atau radang pada otot.
  • Cedera pada bagian otot ketika bekerja atau melakukan aktivitas cukup berat.
  • Otot tegang di salah satu bagian tubuh.
  • Banyak aktivitas fisik yang menggunakan otot secara berlebihan.

Meredakan Nyeri Otot dengan Koyo

Koyo adalah jenis obat luar yang di tempelkan pada area tertentu untuk menghilangkan rasa pegal-pegal ataupun persendian pada tubuh. Bentuknya seperti plester dan biasanya terbuat dari beberapa bahan kimia seperti Menthol, Camphor, serta Nonylic Acid Vanililamide (Nonivamid) yang terbukti efektif sebagai pereda nyeri otot.

Koyo juga bisa menjadi salah satu pilihan utama untuk terapi otot ringan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap obat-obatan tertentu. Hal ini karena proses penyerapan zat aktif pada produk tersebut hanya melalui kontak kulit saja, tidak melalui hati atau ginjal seperti obat minum pada umumnya.

Selain itu, dengan menggunakan produk ini sebagai plester pereda sakit otot, bisa lebih terasa manfaatnya dibandingkan dengan obat nyeri pada umumnya. Efek panas koyo juga bertujuan sebagai sinyal pada otak sehingga nantinya rasa pegal dan tidak nyaman tersebut dapat terlupakan dan perlahan menghilang.

Cara Menggunakan Koyo yang Benar untuk Meredakan Nyeri Otot

Sebagian orang mungkin masih belum paham bagaimana cara menggunakan koyo yang baik agar tepat sasaran dan benar-benar dapat meredakan nyeri otot. Berikut tips untuk Anda.

  1. Sebelum menempelkan koyo, pastikan kulit bersih dan kering terlebih dahulu.
  2. Hindari menempelkan koyo pada bagian kulit yang sedang iritasi atau luka.
  3. Pastikan juga agar koyo melekat dengan benar ( Mungkin butuh 20 – 30 menit agar menempel dengan kuat).
  4. Jangan lupa cuci tangan setelah menggunakan koyo karena mengandung bahan kimia berbahaya jika menempel ke makanan.
  5. Jangan gunakan koyo untuk beberapa kali pakai, cukup sekali saja.
  6. Jika ternyata setelah menggunakan justru mengalami iritasi, tempelkan koyo pada area kulit yang lain. Namun lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut.
  7. Jika merasa sudah enak kemudian koyo telah di lepas, jangan lupa cuci kulit Anda dengan sabun dan air.
  8. Saat membuang koyo, penting untuk melipatnya sehingga bagian perekat saling menempel.

Catatan penting bila ingin menggunakannya sebagai pereda nyeri, sebaiknya ikuti aturan yang diberikan produk tersebut, Karena setiap merk memiliki cara masing-masing untuk memberikan anjuran pemakaian. Terkadang tidak boleh memakai 4 lembar koyo dalam 1 hari, namun ada juga yang sebaliknya.

Itulah cara meredakan nyeri otot dengan menggunakan koyo. Karena plester yang memberikan sensasi panas pada kulit ini memang terbukti ampuh dan cepat meringankan sakit otot. Sekarang Anda tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak menggunakannya.

Tags: